Minggu, 14 Juni 2009

Pengelompokan industri

. Minggu, 14 Juni 2009

Untuk mengetahui macam-macam pengelompokan industri dapat dilihat dari beberapa sudut pandang. Pengelompokan industri yang dilakukan oleh Departemen Perindustrian membagi industri nasional menjadi tiga kelompok besar yaitu (Sadono Sukirno):
a. Industri Dasar
Yang meliputi kelompok industri mesin dan logam dasar dan kelompok industri kimia dasar. Ditinjau dari misinya industri dasar memiliki misi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, bersifat padat modal, teknologi yang digunakan adalah teknologi maju.
b. Industri Kecil
Yang meliputi antara lain indutri pangan, industri sandang, industri kimia dan bahan bangunan, percetakan, penerbitan, industri barang-barang karet dan plastik, industri galian bukan logam dan industri logam. Kelompok industri kecil ini memiliki misi pemerataan. Teknologi yang digunakan adalah teknologi sederhana dan bersifat padat karya. Pengembangan industri kecil ini diharapkan dapat menambah kesempatan kerja dan meningkatkan nilai tambah dengan jalan memanfaatkan pasar dalam negeri dan luar negeri.
c. Industri Hilir
Yaitu kelompok aneka industri yang meliputi antara lain industri yang mengolah sumberdaya hutan, industri yang mengolah pertambangan, industri yang mengolah sumberdaya pertanian. Kelompok aneka industri ini mempunyai misi menaikan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan, memperluas lapangan kerja, tidak padat modal, dn teknologi yang digunakan adalah teknologi menengah.

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com