Persaingan Sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena dianggap sistem pasar ini adalah stuktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya (Sukirno, 2003: 227).
Asumsi-asumsi pasar persaingan sempurna ( Kirana, 2001: 23):
1. Adanya pengetahuan yang sempurna di antara seluruh pihak yang terlibat berkaitan dengan kondisi sekarang dan yang akan datang di pasar.
2. Adanya mobilitas yang sempurna dari sumber daya dan pihak- pihak yang terlibat.
3. Perilaku yang rasional dari seluruh pihak-pihak yang terlibat.
4. Preferensi, teknologi dan keadaan sekelilingnya dianggap stabil, sehingga keseimbangan dapat dicapai.
5. Tidak ada saling ketergantungan antara konsumen atau antara produsen di luar pasar.
6. Persaingan murni diantara kedua pihak (produsen dan konsumen) terjadi di setiap pasar. Biaya rata-rata setiap perusahaan relatif terhadap pasar secara keseluruhan adalah sangat rendah, sehingga setiap perusahaan memiliki pangsa pasar yang kecil.
Rabu, 03 Juni 2009
Pasar Persaingan Sempurna
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar