Sabtu, 16 Mei 2009

UANG SEBAGAI ALAT TUKAR, SATUAN HITUNG, PENYIMPAN KEKAYAAN

. Sabtu, 16 Mei 2009

Fungsi terpenting dari uang adalah sebagai alat tukar (medium of exchange), atau sebagai alat pembayaran yang diterima secara luas. Arti penting fungsi sebagai alat tukar ini bisa kita hayati dengan cara membayangkan bagaimana bentuk konsumsi, bagaimana masyarakat membeli barang dan jasa di dunia yang hanya mengenal cara perdagangan barter – barang dan jasa harus langsung dipertukarkan dengan barang dan jasa.
Uang menghemat biaya pencocokan kepentingan yang begitu besar dalam system barter karena uang, diterima secara universal. Uang dapat menghemat karena uang memungkinkan seseorang menjual barang dan jasa yang dihasilkan ke orang lain yang tidak harus merupakan produsen barang dan jasa yang hendak di konsumsikan. Perekonomian modern begitu kompleks akan lumpuh tanpa adanya alat pembayaran standart dan mudah dipergunakan.
Peranan penting uang yang kedua adalah sebagai satuan hitung (unit of occouny), atau sebagai pengukur nilai yang diterima secara luas. Kebiasaan menyatakan harga dalam satuan uang menyederhanakan berbagai kalkulasi ekonomi karena hal itu memudahkan perbandingan harga-harga aneka komoditi.
Oleh karena uang dapat mengalihkan daya sekarang menjadi daya beli di masa yang akan dating, maka uang juga merupakan aset atau sebuah penyimpanannilai atau daya beli (store of value). Unsur ini penting sekali bagi setiap benda yang menjadi alat pembayaran, karena tak seorangpun mau menerima alat pembayaran yang daya belinya (satuan nilainya dalam barang dan jasa) menyusut terlalu cepat. Namun manfaat uang sebagai alat tukar langsung menjadikannya sebagai aset yang likuid.

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com